CEGAH COVID-19, GUGUS TUGAS PERCEPATAN PENANGANAN COVID-19 KANWIL KEMENKUMHAM BENGKULU LAKSANAKAN TES PCR DI KANIM KELAS I TPI BENGKULU

KANIM_SWAB.jpg

Bengkulu – Kantor Imigrasi Kelas I TPI Bengkulu melaksanakan tes PCR bagi seluruh ASN, PPNPN dan Taruna Poltekim di lingkungan Kanim. Tes yang dilakukan ini sebagai bentuk pencegahan penyebaran Covid-19 di Kanim Kelas I TPI Bengkulu. Pelaksanaan tes PCR direncanakan dilaksanakan dalam 2 hari dan dimulai hari ini Jum’at (30/10/2020) serta Senin (2/11/2020) di aula Kanim Kelas I TPI Bengkulu.

Seperti yang diketahui PCR adalah singkatan dari polymerase chain reaction. PCR merupakan metode pemeriksaan virus SARS Co-2 dengan mendeteksi DNA virus. Uji ini akan  didapatkan hasil apakah seseorang positif atau tidak SARS Co-2. Dibanding rapid test, pemeriksaan RT-PCR lebih akurat. Metode ini jugalah yang direkomendasikan WHO untuk mendeteksi Covid-19. Namun akurasi ini dibarengi dengan kerumitan proses dan harga alat yang lebih tinggi. Selain itu, proses untuk mengetahui hasilnya lebih lama ketimbang rapid test.

Material genetik yang ada di dalam setiap sel, termasuk di dalam bakteri atau virus, bisa berupa DNA (deoxyribonucleic acid) atau RNA (ribonucleic acid). Kedua jenis materi genetik ini dibedakan dari jumlah rantai yang ada di dalamnya. DNA merupakan material genetik dengan rantai ganda, sedangkan RNA merupakan material genetik dengan rantai tunggal. DNA dan RNA setiap spesies makhluk hidup membawa informasi genetik yang unik. Keberadaan DNA dan RNA ini akan dideteksi oleh PCR melalui teknik amplifikasi atau perbanyakan. Dengan adanya PCR, keberadaan material genetik dari beberapa jenis penyakit akibat infeksi bakteri atau virus akan bisa dideteksi dan akhirnya bisa membantu diagnosis untuk penyakit tersebut. (Humas)

IMG-20201030-WA0014_PerfectlyClear.jpgIMG-20201030-WA0008_PerfectlyClear.jpg


Cetak   E-mail