Bengkulu - Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Bengkulu menggelar kegiatan Sosialisasi Pemantauan dan Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pelayanan Publik (PEKPPP), Standar Operasional Prosedur (SOP), dan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP). Kegiatan ini berlangsung selama dua hari, dimulai pada Kamis, (29/08/2024) di Aula Soekarno.
Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Bengkulu, Santosa, yang wakili oleh Kepala Divisi Pemasyarakatan, Teguh Wibowo yang dalam sambutannya menekankan pentingnya peningkatan kualitas pelayanan publik dan peran aktif seluruh instansi dalam mencapai hal tersebut. "Reformasi Birokrasi adalah upaya pemerintah untuk menciptakan good governance dengan aparatur yang berintegritas tinggi, produktif, dan melayani secara prima dalam rangka meningkatkan kepercayaan publik," ujar Teguh Wibowo.
Dalam laporannya, Ketua Panitia menyampaikan bahwa kegiatan ini dilaksanakan sebagai bagian dari percepatan peningkatan kualitas pelayanan publik, peningkatan kemampuan penyusunan SOP, dan penilaian implementasi SAKIP. Landasan hukum kegiatan ini mencakup berbagai peraturan pemerintah dan kementerian yang mengatur pelaporan keuangan, kinerja instansi pemerintah, serta pedoman penyusunan SOP.
Teguh Wibowo juga menggarisbawahi pentingnya kegiatan sosialisasi ini dalam mengidentifikasi dan menilai apakah program kerja yang telah dilaksanakan sesuai dengan standar yang berlaku. "Kegiatan ini sangat penting untuk menilai tingkat implementasi SAKIP dan akuntabilitas penilaian pelaporan kinerja yang menggambarkan kualitas pencapaian kinerja, baik keberhasilan maupun kegagalan, serta upaya perbaikan yang perlu dilakukan," jelasnya.
Lebih lanjut, Teguh Wibowo mengajak seluruh satuan kerja di lingkungan Kanwil Kemenkumham Bengkulu untuk melakukan evaluasi dan penilaian secara mandiri (self-assessment), mulai dari perencanaan kinerja hingga pelaporannya. Ia berharap agar kegiatan ini dapat diimplementasikan dengan baik dan benar sesuai ketentuan yang ada, sehingga menunjukkan komitmen Kemenkumham dalam menjalankan kinerja yang semakin pasti dan ber-Akhlak.
Turut hadir Kepala Divisi Pelayanan Hukum, Ernie Nurheyanti Miceleni Toelle. Kegiatan ini menghadirkan Narasumber dari Biro Perencanaan: Ibu Azmi dan Ibu Yovita yang hadir langsung dari Bagian Tata Laksana serta Bapak Yogi yang hadir secara virtual dari Bagian Reformasi dan Birokrasi. (RA/ed. MD)