Bali – Pelayanan publik yang ada di lingkungan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) kepada masyarakat merupakan prioritas utama. Dalam rangka memperkuat kualitas pelayanan tersebut, Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Supratman Andi Agtas menyampaikan pesan penting kepada Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia dan Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM seluruh Indonesia, termasuk Kanwil Kemenkumham Bengkulu yang bertempat di Gedung The, Sabtu (07/09/24).
Dalam kegiatan Salam dan Sapa Menteri Hukum dan HAM yang dihadiri oleh Kepala Kantor Wilayah, Santosa, serta Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM, Ernie Nurheyanti Miceleni Toelle, Menkumham menegaskan pentingnya pelayanan maksimal kepada masyarakat.
"Ayo berikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Tolong bantu saya agar masyarakat puas dengan pelayanan publik Kemenkumham," ujar Supratman
Supratman juga meminta agar seluruh Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) bekerja dengan sebaik-baiknya dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.
“Apapun program pelayanan yang bapak dan ibu lakukan, kalau dilakukan secara ikhlas, pastilah tidak ada yang sia-sia. Jaga kekompakan untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” tegasnya.
Lebih lanjut, Menkumham menekankan bahwa untuk membantu Republik Indonesia, hanya ada satu kunci utama, yaitu bekerja sesuai aturan.
“Saya pesan semua, Ayo kita bangun Kemenkumham menjadi lebih baik dengan bekerja sesuai aturan karena baik buruk lembaga kembali kepada kita,” tambah Supratman.
Selain itu, Supratman mengingatkan seluruh jajaran untuk selalu bekerja sesuai dengan aturan yang berlaku, apapun program yang sedang dijalankan. "Laksanakan tugas sesuai aturan yang ada, dan selalu utamakan kepentingan masyarakat," lanjutnya.
Lebih jauh, Supratman juga menekankan pentingnya kekompakan dalam bekerja. "Tugas utama kita adalah melayani. Jadikan pelayanan ini sebagai bentuk pengabdian kita bersama," tegas putra daerah Palu tersebut.
Kepala Kanwil Kemenkumham Bengkulu, Santosa, bersama Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM, Ernie Nurheyanti Miceleni Toelle, turut menyambut pesan tersebut dengan komitmen untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan publik di wilayah Bengkulu.
Menkumham juga menekankan pentingnya pendekatan ramah dalam pelayanan, "Senyum itu hal yang penting dalam pelayanan. Melalui senyuman, masyarakat akan lebih merasakan ketulusan layanan yang diberikan," pungkas Supratman. (RA/ed. MD)