JAKARTA - Agenda kegiatan Rakordal Dukungan Manajemen 2024 di Hotel Grand Mercure berlanjut pada hari ini, Rabu (17/07/2024). Para peserta rapat koordinasi dibagi menjadi tiga komisi untuk membahas isu-isu strategis. Kantor Wilayah Kemenkumham Bengkulu tergabung dalam Komisi 3, yang fokus membahas Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE), kearsipan, dan kehumasan.
Komisi 3 dihadiri langsung oleh Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Bengkulu, Santosa, didampingi oleh Kepala Divisi Administrasi, Machyudhie, dan Kepala Bagian Program dan Humas,Tri Purnomo. Kegiatan komisi ini diketuai oleh Kepala Pusat Data dan Teknologi Informasi, Rifqi Adrian Kriswanto.
Dalam diskusi yang berlangsung, Komisi 3 menargetkan beberapa output utama, yaitu meningkatkan kualitas pengelolaan arsip, mengimplementasikan SPBE, serta menyelesaikan peningkatan aplikasi LAPOR. Kegiatan ini diharapkan dapat menyusun langkah-langkah strategis ke depan dalam percepatan pengendalian kinerja Kemenkumham, serta merumuskan kebijakan yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat yang semakin PASTI (Profesional, Akuntabel, Sinergi, Transparan, dan Inovatif) dan ber-AKHLAK (Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif).
Santosa, Kakanwil Kemenkumham Bengkulu, menyampaikan pentingnya kegiatan ini untuk menyelaraskan langkah-langkah peningkatan kinerja di berbagai bidang. "Kegiatan ini sangat penting untuk menyelaraskan langkah-langkah kita ke depan dalam meningkatkan kinerja Kemenkumham, terutama dalam pengelolaan arsip, kehumasan, dan implementasi SPBE. Kami berharap dapat merumuskan kebijakan yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat," ujar Santosa.
Selain fokus pada peningkatan pengelolaan arsip dan implementasi SPBE, diskusi dalam Komisi 3 juga mencakup upaya peningkatan aplikasi LAPOR. Aplikasi ini diharapkan mampu menjadi sarana yang lebih efektif dalam menyampaikan aspirasi dan pengaduan masyarakat, sehingga pelayanan publik dapat semakin optimal.
Rakordal Dukungan Manajemen 2024 ini diharapkan menjadi platform strategis bagi seluruh peserta untuk berbagi pemikiran dan solusi dalam upaya meningkatkan pelayanan dan kinerja Kemenkumham di masa mendatang. Dengan semangat kolaborasi dan inovasi, Kemenkumham berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan publik demi memenuhi kebutuhan masyarakat yang semakin dinamis. (Humas/Ed-Md.)